Video

Canon EOS 70D Plus & Minus

Canon 70D diluncurkan sebagai pembaharuan dari canon 60D yang diluncurkan tahun 2010 lalu sebagai camera semi pro level. Camera ini cukup digemari oleh para videographer atau film maker karena terdapat teknologi Dual Pixel CMOS sensor yang terbilang baru dalam dunia videography khusus untuk DSLR camera.
Berikut akan saya jabarkan beberapa hal positif dan negative tentang camera canon 70D versi Chitose Gallery.

POSITIVE POINT CANON 70 D

1. Flipped dan Touch Screen Monitor

  • Sangat Membantu dalam memilih dan mengganti hampir semua menu yang ada di kamera dengan cepat melalui LCD monitor dan touch screen cukup cepat dan sensitive.
  • Sangat Membantu dalam pengambilan gambar pada angle tertentu seperti low angle, karena kita bisa menggunakan Life View dan memutar Screen monitor pada posisi tertentu untuk mendapatkan angle yang kita inginkan.
  • Dapat Membantu saat Playback foto-foto yang sudah kita take hanya dengan slide Screen monitor.
  • Membantu dalam memeriksa Focus kamera apakah sudah tepat atau belum hanya dengan zoom Screen LCD monitor.

2. 19 Cross Type AF Points

  • Membantu saat kita ingin menentukan titik Focus pada poin/lokasi tertentu pada foto.
  • Auto focus yang cukup cepat dan Tracking Focus yang cukup baik sangat membantu saat memotret objek yang bergerak seperti sport atau pun wildlife fotografi.

3. Adanya Fungsi Wi-Fi

  • Wifi sangat membantu kita yang senang mengupdate langsung hasil jepretan kita ke internet atau pun social media karena bisa langsung terintegrasi dengan handphone atau tablet yang berbasis android atau pun iphone dan tentunya sudah mengunduh aplikasi EOS remote sebelumnya.
  • Kita juga bisa memanfaatkan sinyal wifi untuk mengirim foto-foto yang kita jepret lansung ke computer atau pun laptop, ini sangat membantu saat kita ingin langsung mempresentasikan foto-foto kita kepada client ataupun orang lain dilokasi pemotretan.
  • Dengan aplikasi EOS Remote yang terpasang di handphone kita bisa mengatur atau mengubah menu seperti (ISO, SPEED, F number) langsung dari handphone, kita bahkan bisa menggunakan handphone kita sebagai Remote Shutter dan Auto Focus Button. Ini sangat membantu saat kita ingin memotret tanpa menyentuh kamera atau pun jarak jauh.
  • Fungsi WIFI yang memiliki kemampuan Life View dari kamera langsung di hanphone atau pun ipad yg terkoneksi dengan kamera, sehingga sangat membantu untuk melihat langsung semuanya melalui handphone atau ipad yg kita gunakan.

4. Dual Pixel AF CMOS Sensor

  • Generasi pertama DSLR Canon dalam Auto Focus untuk pengambilan video, kamera akan otomatis mengunci focus ke objek yang kita tentukan bahkan mengikuti objek yang bergerak sekalipun dengan sangat akurat.
  • Dengan kelebihan Touch Screen monitor kita dimudahkan dalam memindahkan titik focus dari satu area ke area lainnya dengan transisi perpindahan auto focus yang sangat lembut.

5. Quick AF Mode Selection

  • Sangat membantu untuk mengubah mode Auto Focus seperti apa yang ingin kita gunakan tanpa harus kembali melihat ke layar monitor (manual selection, manual select:ZONE AF, AUTO Selection), simple hanya dengan menekan satu tombol saja.

6. 20,2 Mega Pixel APS-C sensor

  • Dengan ukuran pixel yang cukup besar kita memiliki aksebilitas yang cukup apabila nantinya ingin melakukan cropping pada foto.

7. Terdapat Digic 5+ Sensor, sehingga kualitas ISO yang sangat baik sampai 12.600 dan canon 70D bisa memotret sampai 7 fps.
8. Electronic level system.

  • Dalam pemotretan tertentu menu ini sangat membantu untuk melihat dan menentukan garis Horizon apakah sudah tepat atau belum.

Oke, itu tadi jabaran tentang beberapa keunggulan atau point Positif dari Camera canon 70D yang saya rasakan cukup membantu saya dalam proses pemotretan atau pun membuat video.
Sekarang saya akan menjabarkan beberapa point Negative dari camera canon 70D ini,

NEGATIVE POINT

  1. Body masih berbahan plastic
  2. Aplikasi EOS Remote belum ada menu Intervalometer untuk Timelapse setting.
  3. Fungsi WIFI yang sangat terbatas misalnya, Saat menggunakan Wifi dan menggunakan Shutter camera melalui handphone, apabila kita menggunakan flash external ataupun trigger maka flash external atau pun trigger tidak akan berfungsi, dengan kata lain saat menggunakan handphone sebagai shutter, maka peralatan external lain seperti flash, trigger dll, tidak akan bisa digunakan.
  4. Saat menggunakan video mode otomatis Wifi tidak akan berfungsi, dengan kata lain kita tidak bisa shoot video apabila Wifi masih menyala.
  5. Tidak ada tombol khusus untuk mengganti atau mengatur white balance, sehingga kita harus kembali ke layar LCD monitor untuk mengganti pengaturan white balance.
  6. Tombol-tombol bagian depan terlalu kecil dan dalam sehingga sedikit sulit untuk di tekan.
  7. Tombol DOF yg posisinya terlalu ke bawah sehingga sulit di jangkau saat kita ingin mengecheck Dept Of Field.
  8. Hanya memiliki 1 slot memory card
  9. Tidak memiliki Earphone Plug untuk Headshet, untuk para videographer atau film maker hal ini cukup diperlukan untuk mengetahui kualitas suara saat recording.
  10. Belum memiliki Silent Mode Shutter sehingga suara shutter masih cukup berisik saat di jepret.

Tinggalkan Balasan