Kecil Tapi Berbahaya! | Eyepiece Cover Kamera Digital

Mungkin kalian pernah melihat sebuah benda kecil yang biasanya ada di tali strap kamera Canon ataupun ada di dalam box pada kamera Nikon dibawah ini?

Kedua benda kecil ini disebut dengan Eyepiece Cover. Jika kalian sering memotret dengan tekhnik Long Exposure tetapi kalian tidak tahu fungsi dari Eyepiece Cover ini, maka akibatnya bisa berbahaya. 

Eyepiece cover ini sering sekali di abaikan dan mungkin banyak yang tidak tahu fungsi dari benda kecil ini sebenarnya untuk apa. 
Fungsi dari benda ini adalah untuk menutup area viewfinder kamera kita dengan terlebih dahulu membuka Eyepiece atau Eyecup kamera kita. kemudian kita gunakan Eyepiece covernya untuk menutup area viewfinder kamera kita secara penuh.

Pertanyaannya sekarang, apa gunanya menutup area viewfinder kamera kita secara penuh? Hal ini biasa dilakukan saat kita memotret dengan teknik Long Exposure, misalnya kita memotret Landscape dengan setingan angka SS disekitaran 5 detik, 10 detik, 20 detik ataupun lebih rendah. Apabila kita tidak menutup area viewfinder kamera kita saat memotret, maka apabila ada cahaya yang konstan di sekitar area kita memotret, seperti cahaya matahari, cahaya lampu ataupun cahaya bulan, cahaya-cahaya konstan tersebut bisa masuk ke dalam sensor kamera kita melalui lubang pada area viewfinder kamera dan akibatnya akan ada Flare terlihat di hasil foto kita nantinya. 

Efek negatif dari flare ini bisa membuat ketajaman dan kontras pada hasil foto kita berkurang drastis, untuk itu kita harus menutup area viewfinder kamera kita saat memotret dengan menggunakan tekhnik Long Exposure atau Slow Shutter Speed. Apabila angka SS yang kalian gunakan tidak terlalu rendah, maka kalian tidak perlu untuk menutup area viewfinder kamera kalian, karena efek flarenya tidak akan terlalu terlihat.

Tidak semua jenis kamera memiliki eyepiece cover tetapi di kamera kelas professional, fitur yg sama dengan eyepiece cover ini sudah terpasang langsung di area viewfinder kameranya, contohnya seperti pada kamera Nikon D810. Untuk menutup area viewfinder secara penuh kita tinggal geser saja tuas eyepiece cover lever yang ada di area viewfindernya, maka viewfinder kameranya akan tertutup secara penuh.

Apakahkamera kalian memiliki eyepiece cover? Silahkan kalian check kamera kalian masing-masing dan pastikan kalian tidak membuang benda kecil yg sangat berbahaya ini.

Tinggalkan Balasan