Menu Focus Point Wrap-around & Tombol OK Kamera Nikon

Kali ini kita akan membahas tentang 2 menu atau fitur yang terdapat di kamera Nikon secara keseluruhan, dimana kedua menu ini bisa membantu untuk mempercepat proses pemindahan titik fokus di kamera. Harap kalian perhatikan bahwa 2 fitur yang akan kita bahas disini bisa jadi posisi menunya tidak sama persis dengan yang ada di kamera Nikon kalian. Silahkan kalian fokuskan ke nama menunya saja agar kalian tidak bingung. Pertama mari kita bahas tentang menu Focus Point Wrap-around, contoh kasusnya adalah seperti berikut ini…

Katakanlah kita sedang memotret sesuatu dan kita ingin area yang dikunci fokusnya oleh kamera ada dibagian pinggir kiri frame kamera kita. Kemudian tiba-tiba kita melihat ada sesuatu yang menarik di sebelah kanan frame, maka kita pindahkan lagi posisi titik fokus kamera kita ke area kanan. Proses memindahkan titik fokus kamera kita dari bagian paling kiri ke bagian paling kanan sangat lama, kita harus melewati bagian tengah frame terlebih dahulu. Bagaimana jika jumlah titik fokus kamera kita ada banyak, maka prosesnya akan semakin lama. Untuk mempercepat prosesnya kita bisa aktifkan menu Focus Point Wrap-around di kamera kita. Apabila sudah kita aktifkan maka saat posisi awal titik fokus kamera kita ada di bagian paling kiri, untuk memindahkannya dengan cepat ke bagian kanan kita tinggal tekan saja tombol Multi Selector kamera kita ke arah kiri maka posisi titik fokusnya langsung melompat ke area paling kanan dan begitu juga sebaliknya. Bukan hanya secara horizontal, lompatan titik fokusnya juga berlaku secara vertical.
Untuk mengaktifkan menu ini focus point wrap-around ini, silahkan masuk ke dalam daftar menu utama kamera. Secara umum posisi menunya ada di lokasi yg sama yaitu tab Custom Setting Menu. Kemudian seleksi dan masuk lagi ke dalam menu Autofocus. Di dalamnya silahkan kalian cari menu Focus point wrap-around dan silahkan masuk lagi ke dalam menu tersebut untuk mengaktifkannya. Silahkan set ke pilihan Wrap, kemudian tekan tombol OK di body kamera untuk mengkonfirmasikan perubahan setingannya.

Nikon D7200

Sekarang mari kita bahas tentang tombol OK yang biasanya selalu terdapat di semua kamera Nikon dan posisinya biasanya ada di bagian tengah tombol Multi Selector. Pada kondisi pemotretan normal tombol OK di body kamera kita tidak ada fungsinya, berfungsi hanya pada saat kita ingin mengkonfirmasikan perubahan setingan menu di kamera kita dimana fungsinya mirip seperti tombol Enter di keyboard komputer kita. Tombol OK ini bisa kita tambahkan fungsi lain ke tombolnya yaitu sebagai tombol jalan pintas untuk memindahkan titik fokus kamera kita ke bagian tengah frame.

Apabila posisi titik fokus kamera kita awalnya ada di bagian tepi dan kita ingin memindahkannya secara cepat ke bagian tengah frame, kita bisa tekan saja tombol OK di body kamera kita. Dimanapun posisi titik fokusnya untuk memindahkannya dengan cepat ke bagian tengah frame, langsung tekan saja tombol OK-nya.
Untuk mengatur setingannya di kamera silahkan masuk ke dalam daftar menu utama kamera kalian. Posisi menunya ada di tab Custom Setting Menu, kemudian seleksi dan masuk ke dalam menu “f Control”. Selanjutnya seleksi dan masuk lagi kedalam menu F1 OK Button, selanjutnya seleksi dan masuk ke dalam menu Shooting mode dan silahkan set pilihannya ke “Select center focus point”. Apabila kalian ingin tombol OK-nya juga memiliki fungsi yang sama saat kalian memotret menggunakan Liveview, maka pada menu Liveview dibawahnya silahkan kalian set juga ke pilihan “Select center focus point”.

Tinggalkan Balasan